Prancis Gunakan Toilet Unik untuk Lawan Kencing Sembarangan

PARIS – Di berbagai kota di seluruh dunia, orang-orang yang kencing sembarangan dianggap sebagai sebuah momok yang menimbulkan kerugian besar. Tak jarang sebuah kota mengeluarkan biaya hingga ratusan juta bahkan miliaran rupiah untuk melakukan pembersihan, memperbaiki kerusakan infrastruktur dan mengatasi bau yang ditimbulkan dari perbuatan menjijikkan itu.

Paris memiliki masalah kecing sembarangan yang cukup parah. Bahkan denda tinggi yang dikenakan pemerintah kota tampaknya tidak berhasil menghentikan warga untuk kencng sembarangan.

Karena itulah kini Paris memiliki senjata untuk menghadapi apa yang disebut oleh orang Prancis disebut sebagai “les pipis sauvages” atau kencing liar, yakni sebuah toilet ramah lingkungan. Tidak seperti jamban pada umumnya, toilet baru Paris itu hadir dengan bentuk seperti sebuah kotak bunga modern.

Toilet yang dinamakan Uritrottoir itu didesain oleh Faltazi, sebuah perusahaan desain industri dari Nantes. Uritrottoir tidak menggunakan air dan bekerja dengan menyimpan air kencing di dalam bantalan jerami, serbuk gergaji dan serpihan kayu. Bagian atasnya digunakan sebagai pot tempat menumbuhkan bunga.

Diwartakan New York Times, Jumat (3/2/2017), Uritrottoir dipantau oleh seorang pengawas yang memonitor saat toilet itu penuh melalui komputer. Air kencing dan jerami kemudian di bawa ke pinggiran Paris di mana keduanya diubah menjadi kompos yang digunakan sebagai pupuk di taman-taman publik.

Saat ini, Stasiun Gare de Lyon yang menjadi lokasi awal perang Paris melawan kencing sembarangan telah dipasangi dua unit toilet ramah lingkungan tersebut. Jika sukses, maka akan lebih banyak lagi Urittroir yang akan disebar di seluruh penjuru kota.

/ OKEZONE NEWS

Posted on 3 février 2017 in Indonésie, Presse

Share the Story

Back to Top